28 Jun 2010

Bermain Futsal

Futsal

LapanganDi jaman sekarang orang pasti akrab dengan apa yang dinamakan sepak bola.
disebagian kota besar pasti akan sulit ditemui sebuah lapangan bola yang memungkinkan untuk bermain bola.
disamping dari sulitnya mencari lapangan yang representatif kurangnya waktu luang yang dimiliki juga menjadi alasan,
dan pada akhirnya bagi sebagian pecinta sepak bola akan memilih untuk bermain futsal atau bermain sepak bola di lapangan mini.

Futsal memang sudah lama dikenal dikalangan masyarakat kita dan untuk sebagian besar sudah menjadi hobi dan bahkan sudah menjadi life style.
Futsal pertama kali diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. dengan ukuran lapangan yang hanya 42 x 25 Meter dan  untuk bermain dalam satu tim hanya terdiri dari  5 orang sedangkan peraturan permainannya sendiri tidak jauh beda dengan bermain sepak bola di lapangan normal. yang membedakan hanya dalam pergantian pemainya saja jika dalam bermain sepak bola normal hanya diperbolehkan 3 kali pergantian pemain di Futsal bebas dalam mengganti pemain.
Sekarang ini disekitar kita sudah banyak dijumpai tempat atau lapangan futsal yang disewakan dengan harga yang bervariasi dari mulai 50 ribu perjam untuk lapangan yang lantainya terbuat dari beton/tegel biasa.
dan 150 ribu perjam untuk lapangan yang dibuat dari bahan rumput sintetis atau beralaskan kayu.

Di Jepara sendiri terdapat beberapa lapangan futsal yang representatif, diantarnya adalah Nova Futsal Yang terletak di desa Bawu Batealit Jepara.Nova Futsal merupakan adalah lapangan futsal pertama dijepara yang menggunakan bahan dari rumput sintetis. Dari pengelola sendiri memaparkan untuk harga sewa perjam hanya Rp. 150.000 itu pun ditambah dengan bonus air mineral 2 liter.
dan di Nova Futsal menyediakan fasilitas seperti Loker Room, Kamar Mandi, dan Karaoke Gratis.
dan biasaya pengelola lapangan memberikan diskon khusus bagi member berlangganan.

Dari Pengamatan Responden di Jepara Penggemar Futsal Berasal dari kalangan Tua Muda.
bersumber dari pengelola Nova Futsal yang bermain futsal kebanyakan dari para Bisnisman/pegawai yang tidak mempunyai waktu luang bermain sepak bola.
sehingga mereka menyewa lapangan di malam hari untuk memenuhi kebutuhan mereka akan bermain sepak bola.

Sedangkan di Jambi sendiri lapangan futsal sudah mulai banyak didirikan,dikarenakan futsal merupakan permainan yang menggunakan skill nya secarah penuh. Tarif tiap lapngan pun berbeda-beda,ada yang menarifkan per jam nya 150.000 ada juga yang 50.000,tergantung waktu kita bermain. keseluruhan lapangan akan lebih murah jika bermain di siang hari. sedangkan di malam hari akan lebih mahal,karena di malam hari banyak peminat nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar